Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

 

 

Apa itu Manuver?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa itu manuver? Dan kenapa web ini diberi nama ManuverZone?

Sebenarnya tidak ada definisi pasti dari kata manuver, tapi secara umum manuver dapat diartikan sebagai 'pergerakan'. Pergerakan di sini bisa bermacam-macam, mulai dari pergerakan dalam istilah sebenarnya, seperti pasukan, mobil, pesawat ataupun pergerakan yang tidak berwujud seperti strategi, pola pikir, dan lain sebagainya.

Lalu mengapa kita membicarakan tentang manuver?

Karena pada dasarnya manusia itu harus selalu bergerak selama hidupnya atau dia akan dilindas oleh masa. Bergeraknya pun tidak bisa sembarangan, karena satu gerakan akan berakibat pada gerakan berikutnya sebagai konsekuensi atas setiap gerakan yang dia pilih. Oleh karena itu banyak orang memilih bermain aman dengan mengambil gerakan-gerakan yang biasa dilakukan banyak orang, seperti dalam menjalani pendidikan, memilih pekerjaan, dan sebagainya. Hal ini tidak dilarang, hanya saja kita tidak akan bisa menjadi seseorang yang luar biasa hanya dengan mengambil gerakan-gerakan yang biasa.

Untuk menjadi orang yang lebih baik kita tidak bisa hanya bergerak mengikuti arus saja, perlu suatu keputusan berani untuk mengambil gerakan yang tidak biasa. Biasanya hal ini sulit dilakukan karena batasan yang kita buat sendiri, misalnya seperti kurang yakin dengan kemampuan sendiri atau tidak ingin mengambil resiko. Padahal apapun gerakan yang dilakukan, pasti mengandung resiko biarpun sedikit. Dan hasil akan sebanding dengan resiko, dimana semakin besar hasil yang diharapkan, akan semakin besar pula resiko yang mesti dihadapi. Jadi merupakan tantangan bagi diri kita sendiri kapan akan melakukan manuver ekstrim untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Jadi kenapa web ini dinamakan ManuverZone?

Sebelumnya kita pasti sudah familiar dengan istilah Comfort Zone, atau zona nyaman, yang artinya kira-kira seperti ilustrasi di atas sebagai gerakan yang biasa. Jadi dengan adanya web ini diharapkan kita dapat keluar dari zona nyaman tersebut dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dalam zona yang terus bergerak, yaitu ManuverZone.