Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Bisnis

Membangun level yang lebih baik dan terus membaik dengan rencana matang serta mimpi yang menunggu untuk diwujudkan.

Apapun Bisa Dijual

apapun bisa dijual

Sudah menjadi hukum alam bahwa jika kita ingin membeli sesuatu, kita harus menjual terlebih dahulu, entah itu barang, jasa, kemampuan, ataukah hal lain yang dapat dijadikan sebagai penukar.

Yang namanya membeli tidak harus dengan uang, begitu juga menjual tidak harus berupa barang. Hal inilah yang dilakukan oleh para pebisnis sukses untuk mengembangkan usahanya secara efektif dengan modal yang sekecil mungkin namun mendapatkan hasil yang optimal. Kita bisa belajar dari mereka untuk memulai usaha kecil-kecilan yang nantinya dapat berkembang menjadi bisnis yang sesungguhnya.

Untuk memutuskan apa yang akan kita jual, tidak perlu berpikir yang terlalu jauh. Satu kuncinya yaitu, barang atau jasa itu ada yang membutuhkan, cukup itu saja. Kita bisa melihat di sekitar kita apa sekiranya hal yang belum terpenuhi dan bisa kita usahakan untuk memenuhinya. Dari sini bisa kita tentukan apa yang akan kita jual dan siapa saja target pasarnya.

Selanjutnya untuk masalah pemasaran, kita memang harus siap berlelah-lelah dulu. Pastikan untuk menawarkan barang/jasa pada target pasar yang memang membutuhkan, sehingga kemungkinan untuk terjadinya transaksi lebih tinggi. Untuk mengetahui respon pasar bisa dilakukan dengan menawarkan kepada orang-orang terdekat dulu, seperti saudara, tetangga, kawan-kawan, atau mungkin rekan kerja. Apabila mereka memberikan respon yang baik bisa kita lanjutkan untuk pemasaran secara umum, tapi tetap harus selalu mengingat siapa target pasar kita.

Pemasaran bisa dilakukan secara konvensional dengan brosur, selebaran, iklan dan lain-lain, ataupun secara online melalui media yang ada, seperti website, forum, media sosial, dan sebagainya. Sekali lagi harus selalu ingat siapa target pasar kita.

Ketika sudah ada target pasar yang tertarik, tugas kita selanjutnya adalah membuat agar terjadi transaksi. Hal paling ampuh adalah dengan mengunggulkan kelebihan barang/jasa kita sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan dapat memberikan solusi atas kebutuhannya, tetapi jangan sekali-sekali membandingkan dengan barang/jasa lain yang sejenis. Kemampuan ini memang perlu dilatih, tapi seiring bertambahnya pangalaman, kita akan semakin terbiasa untuk menghadapi pelanggan.

Jadi sebenarnya bukan masalah barang/jasa apa yang kita jual, selama memang masih ada yang membutuhkan. Tetapi bagaimana usaha kita untuk membuat barang/jasa itu agar dapat terjual.