Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Bisnis

Membangun level yang lebih baik dan terus membaik dengan rencana matang serta mimpi yang menunggu untuk diwujudkan.

Aset Paling Berharga

aset paling berharga

Bicara masalah aset, biasanya kita akan langsung berpikir tentang rumah, mobil, emas, saham, atau barang-barang berharga lain yang menjadi impian setiap orang. Namun kita lupa makna yang sebenarnya, segala sesuatu yang membuat kita bisa mendapatkan hal-hal berharga tersebut. Kekayaan, jabatan, ataupun ketenaran, itu semua hanyalah hasil. Namun yang terpenting adalah proses yang dilalui untuk menuju ke sana. Di situlah sebenarnya aset paling berharga itu terletak.

Sedari kecil kita selalu ditanamkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain dalam menjalani segala hal. Begitu juga dalam dunia bisnis, kita pasti membutuhkan orang lain agar usaha kita dapat terus berjalan dan selalu berkembang.

Sebelum memulai usaha, hal yang harus dilakukan tentunya belajar dan mencari tahu sebanyak mungkin tentang bisnis yang akan kita kerjakan. Orang yang paling dapat dipercaya untuk belajar adalah keluarga serta saudara, apalagi jika mereka punya pengalaman usaha yang serupa dengan bisnis yang akan kita jalankan. Selain itu, biasanya mereka akan dengan senang hati membantu apabila kita membutuhkan sesuatu.

Ketika pertama memulai usaha dan baru menjalankannya seorang diri, kita butuh orang lain untuk menjadi konsumen. Biasanya teman-teman serta sahabat dekatlah yang akan menjadi pengguna pertama produk/jasa kita. Dari sini nantinya akan mulai berkembang kepada orang lain melalui rekomendasi mereka.

Setelah usaha mulai berjalan dan konsumen mulai berdatangan, tentunya kita tidak mungkin lagi mengerjakan semuanya seorang diri. Akhirnya kita pasti membutuhkan rekan kerja, entah itu untuk produksi, marketing, administrasi, ataupun sekedar tenaga paruh waktu. Hal ini penting, karena tanpa mereka, kegiatan usaha tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Lagipula hasil yang diperoleh akan lebih optimal apabila setiap bidang memang benar-benar ditangani oleh ahlinya.

Sebagai pendukung kegiatan usaha, kita tidak mungkin lepas dari dukungan pihak luar seperti suplier atau distributor. Di sini kita harus memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk menjadi partner usaha, tentunya dengan terlebih dahulu melakukan seleksi yang ketat, karena keberlangsungan usaha kita juga sangat dipengaruhi oleh mereka. Hal ini juga berlaku apabila kita ingin mempercayakan bisnis kita untuk dikelola oleh orang lain.

Setelah semuanya berjalan dan terus berkembang sebagaimana impian kita, ada kalanya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bahkan terkadang masalah yang dihadapi begitu rumit sehingga kita merasa tidak sanggup menghadapinya sendiri. Maka lagi-lagi kita membutuhkan orang lain, minimal untuk meminta pertimbangan. Dan hal yang paling bijak dilakukan adalah kembali kepada keluarga, yang dahulu juga menjadi orang pertama yang selalu ada. Karena merekalah satu-satunya yang benar-benar dapat dipercaya dan tidak akan membiarkan kita melewati semuanya seorang diri. Juga melalui doa dan dukungan merekalah semua impian itu dapat terwujud sampai kita benar-benar menikmati hasilnya.

Jadi apa saja dan seberapa banyak yang kita miliki sebenarnya tidak akan terjadi dan tidak akan berarti tanpa adanya orang lain. Rekan kerja, teman, sahabat, dan pastinya keluarga, adalah aset paling berharga yang sebenarnya dan mesti kita jaga dengan sebaik-baiknya. Tidak sepantasnya hasrat dunia membuat kita terlena dan menjadi prioritas mengalahkan mereka. Karena harta sebanyak apapun dapat dicari, tetapi ketika orang-orang itu pergi, kita tidak akan pernah mendapatkannya lagi.