Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Bisnis

Membangun level yang lebih baik dan terus membaik dengan rencana matang serta mimpi yang menunggu untuk diwujudkan.

Bekerja Cerdas dan Efektif

bekerja cerdas dan efektif

Kerja keras sudah menjadi kewajiban bagi siapapun yang ingin berhasil. Namun di era sekarang yang kompetisinya semakin ketat, kerja keras saja tidak cukup untuk meraih kesuksesan. Perlu sesuatu yang berbeda agar kerja keras yang dilakukan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Hal utama untuk memulai pekerjaan adalah menetapkan alur kerja. Ini penting agar kita tahu apa saja yang harus dikerjakan serta tujuan akhir yang ingin dicapai. Apabila dalam alur kerja tersebut terdapat beberapa pekerjaan yang berkaitan, maka alangkah baiknya jika dikerjakan secara simultan, jadi dapat menghemat waktu dan tenaga. Misalnya ada pekerjaan yang mengharuskan untuk pergi ke tempat tertentu, maka kita dapat sekaligus mengerjakan pekerjaan lain yang juga dilakukan di tempat tersebut atau wilayah sekitarnya. Disini kita mesti mengelompokkan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan sekaligus.

Selanjutnya buat prioritas berdasar kelompok-kelompok tersebut, pekerjaan apa saja yang harus dilakukan segera dan mana yang bisa dilakukan kemudian. Dengan demikian tidak ada pekerjaan yang mubazir dan kurang bermanfaat dalam mencapai tujuan akhir.

Yang ketiga, pastikan pekerjaan ditangani oleh ahlinya. Tidak harus orang yang pandai, tetapi benar-benar paham apa yang harus dikerjakan serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan kepadanya. Artinya dalam hal ini kita harus memiliki orang-orang kepercayaan untuk mengerjakan setiap prioritas, terutama untuk pekerjaan-pekerjaan yang penting dan mendesak. Atau jika tidak memilikinya, maka lebih baik pekerjaan-pekerjaan penting tersebut kita kerjakan sendiri.

Yang terakhir, selalu periksa kembali setiap pekerjaan yang telah dilakukan, termasuk dengan target waktunya. Hal ini untuk menghindari terlewatnya suatu pekerjaan, apalagi jika hal tersebut termasuk yang paling penting.

Dengan mengikuti keempat langkah tersebut, diharapkan kesalahan kerja dapat diminimalkan. Namun tentunya kita juga harus mempersiapkan antisipasi untuk hal-hal yang tak terduga, seperti yang tertulis dalam artikel Apa sih Isi Otak Programmer, sehingga ketika sesuatu berjalan tidak semestinya, kita dapat segera melakukan manuver untuk kembali ke rencana awal.