Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Motivasi

Memperbaiki diri, berbagi, dan menularkan pengalaman sederhana yang mungkin berguna untuk kehidupan kita nantinya.

Guru yang Terhebat

guru yang terbaik

Banyak yang bilang bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Ungkapan itu memang sepenuhnya benar, karena pengalaman mengajarkan banyak hal kepada kita. Tapi sebenarnya ada guru yang jauh lebih hebat dari pengalaman, yaitu pemikiran kita sendiri, karena hanya kita sendirilah yang mampu mengajak diri untuk menerima dan mempelajari banyak hal berharga. Pengalaman sehebat apapun, tetapi jika kita tidak bisa mengambil hikmah darinya, tidak akan ada pelajaran yang tertinggal dalam diri kita. Sebaliknya sesuatu yang sederhana, namun kita pandai dalam menyikapinya akan menjadi ilmu paling berharga yang pernah kita dapatkan.

Otak manusia didesain dengan sebegitu canggihnya dan dipadukan dengan hati sebagai filternya. Ketika kita bisa memanfaatkan keduanya, sebenarnya ada banyak hal luar biasa yang bisa kita ambil untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Ada kalanya ketika pada suatu masa entah secara sengaja ataupun kebetulan kita terlibat dalam suatu masalah dengan orang lain. Banyak yang menganggap hal ini sebagai cobaan atau ujian, padahal bisa jadi ini adalah caraNya untuk menunjukkan pembelajaran yang luar biasa kepada kita. Semuanya kembali kepada diri kita sendiri, bagaimana kita bisa membawa diri, mengendalikan emosi & perasaan, serta bagaimana mengambil sikap terhadap segala sesuatu yang terjadi. Pastinya hal itu akan mengarah ke satu tujuan, yaitu naiknya level kehidupan satu tingkat lebih baik apabila kita berhasil melewatinya. Apabila gagal pun bukan berarti semuanya berakhir, karena pasti akan ada lembaran lain yang telah menanti.

Pelajaran hidup jauh lebih kompleks daripada pelajaran di sekolah, karena banyak hal yang tidak bisa didefinisikan dan juga bidang yang ada tak terbatas. Tapi pelajaran hidup juga jauh lebih mudah dipelajari asal kita punya kemauan dan motivasi untuk menerima setiap hal yang disajikan. Dari situlah kita bisa mulai mengumpulkan kepingan demi kepingan untuk kemudian disusun menjadi sesuatu yang indah bagi kehidupan kita nantinya. Sedangkan kehidupan orang lain bisa kita jadikan referensi untuk terus menambah potensi, hanya saja tidak bisa langsung ditelan mentah-mentah, semua harus disesuaikan dengan kondisi kita sendiri.

Jadi sebenarnya semua pelajaran itu telah disediakan, tinggal bagaimana kita bisa menjadi murid yang baik sekaligus guru yang hebat bagi diri kita sendiri untuk mengambil setiap kepingan ilmu yang telah tersedia itu.