Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Bisnis

Membangun level yang lebih baik dan terus membaik dengan rencana matang serta mimpi yang menunggu untuk diwujudkan.

Kunci Mengambil Keputusan

kunci mengambil keputusan

Mengambil keputusan memang bukan hal yang mudah, apalagi keputusan yang mencakup kepentingan banyak orang. Pertimbangan harus dilakukan secara matang dan objektif agar mendapat hasil yang optimal dan baik bagi semua yang terlibat.

Setiap orang pasti pernah mengalami kebingungan dalam mengambil keputusan. Terlepas dari apa yang harus diputuskan, kita harus dapat mengambil keputusan secara cepat namun tidak boleh sembrono, karena waktu tidak akan pernah menunggu seperti yang tertulis dalam artikel Sekarang atau Tidak Sama Sekali. Setiap keputusan yang dibuat harus selalu memperhitungkan resiko, konsekuensi, serta baik buruknya dampak yang akan terjadi. Jadi untuk dapat menghasilkan keputusan yang terbaik, ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

1. Tanya pada hati,
Sebagai pertimbangan pertama kita harus mencoba mengetahui apa sebenarnya isi hati terdalam, sehingga kita tahu apa yang benar-benar kita inginkan. Dengan demikian kita siap menerima konsekuensi atas keputusan yang dibuat, karena memang kita yang menginginkannya.

2. Tanya pada logika,
Selanjutnya kita harus menelaah secara logis, apakah keputusan tersebut benar-benar tepat dan dapat memberikan kebaikan untuk semuanya, termasuk dengan memperhitungkan hal-hal baik dan buruk yang mungkin terjadi. Disini tidak ada salahnya juga untuk meminta pertimbangan dari orang-orang terpercaya, terutama mereka yang memiliki ilmu dan pengalaman yang lebih banyak.

3. Tanya pada Tuhan
Ini yang paling penting namun juga paling sulit. Ketika kita telah yakin untuk mengambil keputusan, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu kita harus tetap bertanya padaNya. Ada kalanya apa yang telah kita yakini dan kita anggap baik, belum tentu itu sesuai rencanaNya. Jadi pada tahap ini kita harus benar-benar dapat meredam ego serta prasangka, dan menyerahkan semua padaNya, karena Dia pasti telah memiliki rencana yang terbaik untuk semuanya.

Inti dari semua itu bukan masalah keputusan apa yang dibuat, tapi bagaimana kita menghadapi resiko dan konsekuensi atas setiap keputusan yang telah kita hasilkan. Dengan melalui tiga hal di atas, apapun keputusan yang kita buat semoga akan selalu mendapatkan berkah dan kemudahan dalam melewatinya.