Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Motivasi

Memperbaiki diri, berbagi, dan menularkan pengalaman sederhana yang mungkin berguna untuk kehidupan kita nantinya.

Manusia Paling Kaya

manusia paling kaya

Secara umum, banyak orang menafsirkan kaya itu memiliki banyak harta, hidup mewah dan berkecukupan, serta bisa mendapatkan apapun yang dia inginkan. Padahal sebenarnya hakikat kaya jauh lebih luas dari itu.

Seseorang yang selalu rajin belajar, tak pernah lelah menuntut ilmu dimanapun dia berada, mencari tahu tentang hal-hal baru, kemudian memanfaatkan dan mengamalkannya kepada orang banyak. Orang seperti itu juga dapat disebut orang kaya, yaitu kaya ilmu.

Begitu juga orang-orang yang sangat suka berpetualang, menjelajahi berbagai belahan dunia untuk mencari suasana lain dan teman-teman baru, mengenal banyak tempat dengan tradisi yang beragam. Mereka itu juga pantas disebut orang kaya, yaitu kaya pengalaman.

Selain itu ada pula orang yang sangat dermawan, suka membantu siapapun yang membutuhkan tanpa mengharap balasan, bahkan terkadang menyusahkan dirinya demi kebahagiaan sesama. Orang ini termasuk mereka yang kaya hati.

Jadi sebenarnya siapakah manusia paling kaya itu?

Dia adalah seseorang yang selalu mengingatNya baik dalam kondisi susah maupun bahagia, melakukan sesuatu hanya karenaNya, berjuang serta berusaha sekuat tenaga dan menyerahkan hasilnya sesuai kehendakNya, dan tak lupa berserah diri kepadaNya. Mereka itulah yang pantas disebut manusia paling kaya dengan memiliki Tuhan dalam hatinya, karena Dialah yang memiliki segalanya.