Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Bisnis

Membangun level yang lebih baik dan terus membaik dengan rencana matang serta mimpi yang menunggu untuk diwujudkan.

Memanfaatkan Kepandaian Google

memanfaatkan kepandaian google

Sebelumnya mari kita ingat-ingat kembali...
Sudah berapa lama kita berinteraksi dengan dunia internet?
Dan selama itu apa saja yang telah kita dapatkan dari internet?
Kira-kira apakah kita sudah benar-benar bisa memanfaatkan internet?

Coba kita instropeksi diri, mungkin kita baru sadar bahwa selama ini banyak hal yang terbuang percuma dengan bermain internet. Entah itu waktu, uang, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Padahal internet adalah sebuah teknologi canggih yang sengaja diciptakan agar dapat dimanfaatkan untuk membantu mempermudah kehidupan manusia. Jadi semestinya kita belajar bagaimana memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif dan produktif, bukan sekedar untuk main-main saja.

Internet itu sangat luas dan ada banyak hal yang dapat diambil darinya, tergantung apa yang kita inginkan. Tapi khusus untuk kesempatan ini kita akan membahas tentang Google. Setiap orang yang pernah berinternet tentunya sudah sangat akrab dengan nama ini, tapi apakah kita sudah benar-benar bisa memanfaatkannya secara optimal? Maka kali ini kita akan belajar bagaimana memanfaatkan kepandaian Google.

Mungkin ada yang bertanya, benarkah Google itu pandai?
Ya...Google memang pandai, karena dia suka mencatat. Sama seperti siswa di sekolah, tapi dalam bentuk yang berbeda. Setiap kali kita memasukkan pencarian di Google Search, dia akan mencatatnya. Begitu juga setiap peristiwa yang terjadi di dunia, dia juga akan mencatatnya. Bahkan jika kita menggunakan perangkat android, dia akan selalu mencatat lokasi kemana saja kita pergi dan aplikasi apa saja yang kita gunakan. Dan masih banyak lagi hal lain yang dicatat olehnya. Oleh karena itu tidak heran jika Google disebut-sebut mengetahui segala sesuatu.

Hebatnya, Google tidak pelit berbagi apa saja yang telah dicatatnya.
Misal di Google Search, sengaja ditampilkan data pencarian yang dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Di sini kita bisa tahu apa saja yang banyak dicari pengguna bahkan sampai hal-hal paling spesifik sekalipun. Data ini bisa kita manfaatkan dalam dunia bisnis. Dari sini kita bisa mengetahui apa saja sebenarnya yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh konsumen sehingga kita bisa memenuhinya.

Selanjutnya Google Trends akan menampilkan topik-topik yang sedang naik daun saat ini. Dalam bisnis, kita bisa memanfaatkannya untuk berjualan segala sesuatu yang berhubungan dengan topik tersebut. Tidak hanya itu, topik yang ditampilkan juga terbagi dalam lokasi-lokasi yang spesifik. Dengan demikian peluang untuk melakukan penjualan di lokasi-lokasi tersebut akan semakin besar.

Selain itu ada Google Keyword Planner, yang berisi data-data kata kunci dari hasil pencarian seluruh pengguna. Di sini dapat dilihat kata kunci yang paling banyak dicari sekaligus tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut. Data ini dapat kita manfaatkan untuk memilih produk/jasa yang ingin kita pasarkan serta kekuatan kompetitor untuk produk/jasa tersebut.

Di samping ketiga data tersebut sebenarnya masih banyak data-data lain yang dapat kita manfaatkan, tinggal seberapa banyak kita mau mengekplorasi Google. Namun pada dasarnya ketiga data itu sudah memenuhi dasar untuk berbisnis, khususnya bisnis online.

Akan tetapi sebanyak apapun ilmu yang kita ketahui tidak akan berguna tanpa penerapan dan eksekusi yang tepat. Oleh karena itu, Google hanya menjadi alat untuk memudahkan kita dalam berbisnis. Selanjutnya tergantung kita sendiri bagaimana memanfaatkan data-data yang tersedia agar dapat mendatangkan keuntungan dalam menjalankan usaha. Untuk belajar bagaimana menerapkan data-data tersebut dalam bisnis online, kita bisa memanfaatkan sumber yang banyak tersebar di internet. Salah satu web yang menyediakan layanan tentang bisnis online seperti www.masterbisnisonline.com.

Jadi sebenarnya kepandaian itu terletak pada diri kita sendiri, bagaimana kita bisa mengelola apa yang ada sehingga menjadi sesuatu yang berguna. Semua memang tidak ada yang instan, harus ada proses yang pasti dan berkelanjutan. Yang jelas kuncinya hanya FOKUS dan KONSISTEN, seperti yang tertulis dalam artikel Pilih Satu dan Kerjakan!.