Selamat Datang
Berbagi ilmu dan pengalaman untuk menjadi lebih baik.
Apa itu Manuver
Mengapa web ini dinamakan ManuverZone?
Tentang Saya
Sekilas tentang kehidupan sederhana namun berkesan.

Bisnis

Membangun level yang lebih baik dan terus membaik dengan rencana matang serta mimpi yang menunggu untuk diwujudkan.

Pilih Satu dan Kerjakan!

pilih satu dan kerjakan

Banyak orang bimbang untuk memulai bisnis hanya karena satu hal, yaitu terlalu banyak ide dan bingung mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Padahal sebenarnya tidak ada bisnis terbaik, kecuali yang segera dikerjakan sesederhana apapun itu.

Biasanya orang terlalu banyak menganalisa, mulai dari bidang yang dipilih, modal yang dibutuhkan, bagaimana menangani karyawan, sampai resiko yang terjadi apabila bisnis tidak berjalan sesuai rencana. Dari situlah awal mula kesalahannya.

Sebenarnya untuk memulai bisnis sangat sederhana, pilih satu dan kerjakan! Tapi tentunya untuk memilih satu bidang ini tidaklah mudah. Kita harus benar-benar paham dengan bidang yang dipilih dan apa yang nantinya harus dikerjakan untuk mengembangkan bidang tersebut. Bagaimana untuk memilih bidang yang tepat bisa dilihat pada artikel Kunci Mengambil Keputusan.

Tugas kita tidak akan selesai sampai memilih bidang yang tepat saja, karena masih banyak hal lain yang harus dikerjakan. Setelah yakin dengan bidang yang dipilih, selanjutnya kita harus mencari tahu seluk beluk bidang tersebut dan menyusun strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Hal ini bisa dipelajari dari orang lain yang mungkin pernah menjalankan bisnis serupa. Jangan pernah merasa gengsi atau malu untuk bertanya, karena biasanya mereka dengan senang hati akan berbagi ilmu dan pengalamanan. Mereka pastinya juga akan gembira apabila dapat menjadi bagian dari kesuksesan kita.

Tetapi yang terpenting dari itu semua adalah segera mengerjakan apa yang dapat dikerjakan. Dengan berpedoman pada ilmu dan gambaran pengalaman yang telah didapatkan, kita bisa mulai mengerjakan hal-hal yang mendasar terlebih dahulu dan kemudian berkembang ke hal-hal yang lebih detail. Apabila kita selalu konsisten dan pantang berputus asa, pastinya usaha kita tidak akan sia-sia. Kalaupun gagal, minimal kita telah memperoleh pelajaran agar tidak mengulangi kesalahan yang sama nantinya.